Minggu, 01 Februari 2015

Contoh Resensi Buku Ilmu Pengetahuan



Menumbuhkan Minat Anak untuk Melukis
Judul : Mengenal Seni Lukis
Penulis : Weni R. Dkk.
Penerbit : PT Mediantara Semesta
Tahun terbit : 2009
Tebal buku : iv + 60 halaman
          Karya seni meliputi beragam jenis dan bentuk. Ada banyak sekali bentuk karya seni dan masih terus bertambah sampai saat ini. Karya seni, bagi kebanyakan orang merupakan suatu kreativitas yang menggambarkan keindahan dan nilai – nilai kehidupan. Namun, tak banyak orang yang tahu tentang seluk – beluk sejarah, jenis – jenis, dan bentuk – bentuk karya seni. Lewat buku yang berjudul Mengenal Seni Lukis ini, Weni R. Dkk. Selaku penulis memaparkan salah satu bentuk karya seni, yaitu seni lukis. Tujuan penulisan buku ini adalah untuk menumbuhkan minat melukis dengan memperkenalkan dan menjelaskan apa itu karya seni lukis.
          Pada buku ini, dijelaskan mengenai sejarah seni lukis, mulai dari bagaimana manusia zaman prasejarah melukis pada media – media sederhana yang berasal dari alam, seperti dedaunan, batu, bahkan dinding gua. Namun, sekarang manusia telah melukis pada media hasil teknologi canggih seperti kertas dan kanvas. Jenis – jenis lukisan pun ada bermacam – macam, dari lukisan tradisional sampai lukisan modern. Tak hanya itu, aliran – aliran seni lukis juga beragam. Para maestro pelukis dari seluruh dunia mengikuti aliran – aliran yang berbeda. Bahkan, ada beberapa diantaranya yang mengkombinasikan dua atau lebih aliran pada satu lukisan.
          Untuk belajar melukis, bisa dimulai dari hal – hal sederhana. Dalam melukis, kita bisa mengekspresikan apapun yang kita pikirkan ke dalam sebuah lukisan. Alat – alat yang dibutuhkan adalah kertas, kanvas, cat, dan kuas. Hanya dengan memulai dari hal sederhana dan terus berusaha, kita bisa menjadi seorang seniman.
          Buku ini menjelaskan bahwa untuk melukis, kita tidak perlu berpenampilan layaknya seorang seniman. Siapapun bisa melukis asalkan ada kemauan. Oleh karena itu, buku ini dapat menumbuhkan minat melukis. Cara belajar melukis yang terdapat di dalam buku ini pun menjadi faktor pendorong minat untuk melukis.
          Buku ini sangat menarik untuk dibaca. Bahasa yang digunakan pada buku ini mudah dipahami dan komunikatif. Selain itu, setiap unsur melukis pada buku ini selalu disertai penjelasan dan gambar yang menarik. Namun, sayang sekali ada beberapa penjelasan pada buku ini yang kurang lengkap.
          Buku ini sangat cocok dibaca oleh pelajar dan anak – anak, karena isi dari buku ini mendorong mereka untuk berkreativitas dan berkarya. Selain itu, pada buku ini juga terdapat banyak hal yang tidak diketahui oleh banyak orang, sehingga dapat menambah wawasan.

2 komentar: