Senin, 09 Maret 2015

Tentang "Rock Lee"

  Rock Lee

 *Nama Lain

- Monster Hijau Liar dan Tampan Konoha (
木ノ葉の美しき碧い野獣, Konoha no Utsujushiki Aoi Yajo)
- Alis Tebal (
ゲジマユ, Gejimayu)

*Debut

- Manga: Chapter #36
Anime: Naruto Episode #21
- Movie: Naruto the Movie 3: Guardians of the Crescent Moon Kingdom
- Video Game: Naruto: Clash of Ninja
- OVA: Hidden Leaf Village Grand Sports Festival!
- Muncul dalam Anime, Manga, Game dan Movie

*Pengisi Suara

- English: Brian Donovan
- Japanese: Yoichi Masukawa

*Biodata

- Ulang Tahun: 27 November
- Kelamin: Pria
- Usia:
¤ Part I: 13-14
¤ Part II: 17
- Tinggi:
¤ Part I: 158.5 cm-162.1cm
¤ Part II: 172cm
- Berat:
¤ Part I: 46.6kg-47.5kg
¤ Part II: 54.7kg
- Gol. Darah: A
- Asal: Konohagakure
- Team:
¤ Team Guy
¤ Konoha 11 (Anime only)
¤ Team Dua (Anime only)
¤ Divisi Tiga
- Rank:
¤ Part I: Genin
¤ Part II: Chunin
- Ninja Registration: 012561
- Usia Lulus Akademi: 12
- Usia Masuk Chunin: 15

*Jutsu

- Daburu Dainamikku Entori (Double Dinamik entry bersama guy) (Anime only)
- Suiken (Pukulan Dewa Mabuk)
- Dainamikku Entori (Tendangan Khas Guy) (Anime only)
- Hachimon (Teknik Delapan Gerbang)
- Omote Renge (Teratai Depan; Teknik yg Bisa Digunakan Setelah membuka Gerbang Satu)
- Konoha Tsumuji Senpu (Angin Putar Konoha)
- Konoha Reppu (Badai Konoha)
- Konoha Daisenpu (Angin Topan Besar Konoha)
- Konoha Shofu (Angin Naik Konoha)
- Konoha Goriki Senpu (Angin Topan Besar Konoha)
- Konoha Senpu (Angin Topan Konoha)
- Ura Renge (Teratai Bekalang; Teknik mengerikan dari gerbang ketiga)
- Kage Buyo (Teknik Membayangi Lawan)
- Seishun Furu Pawa (Kekuatan Jiwa Muda Musim Semi) (Anime only)
- Goken (Pukulan Kuat)

*Peralatan

- Hyorogan (Pil Penambah Chakra) (Anime only)
- Nunchaku
-Tonfa (Anime only)

Rock Lee (
ロック・リ, Rokku RI) adalah salah satu karakter pendukung utama. Dia adalah shinobi tingkat Chunin Konohagakure dan anggota Tim Guy.

[Latar Belakang]

Saat masih di Akademi, Lee tidak memiliki bakat untuk ninjutsu dan genjutsu. Karena itu ia diejek oleh teman2nya, Lee tetap bertahan, dan fokus pada taijutsu.

Lee akhirnya lulus dan dia masuk Tim Guy bersama dengan Neji Hyuga dan Tenten. Dalam pertemuan pertama, Lee berjanji untuk menjadi seorang ninja yang kuat tanpa menggunakan ninjutsu ataupun genjutsu. Neji menertawakannya, tapi guru mereka, Guy, menaruh perhatian khusus pada Lee. Dia mendorong Lee untuk terus melakukannya dan, pada waktunya, ia mulai mengajari dia bentuk kuat dari taijutsu.

[Kepribadian]

Lee sangat energik, berpikiran pendek, dan hiper aktif. Dia menjadikan dirinya "nice guy", setelah ia banyak mengadopsi kepribadian Guy. Salah satu sifat tersebut jelas karena kurangnya akal sehatnya, ia percaya bahwa dia bisa mendapatkan apa yang dia inginkan dengan tidak menginginkan itu. Di lain waktu, ia mengambil catatan berlebihan, tapi lupa bahwa ia tidak dapat memeriksa mereka selama pertempuran. Dia memiliki sangat menghormati lawan-lawannya, dan tidak pernah menyimpan dendam terhadap mereka walaupun musuhnya telah menghancurkan tangan dan kakinya yg menyebabkan luka yang membuatnya hampir berhenti sebagai shinobi. Lee merasa orang lain harus menunjukkan rasa hormat yang sama terhadap lawan-lawan mereka, dan marah setiap kali seseorang menyepelekan musuh-musuhnya.

Lee selalu berbicara dgn sopan kepada orang lain dan ia tidak pernah menggunakan kata yg kotor. Dia juga menggunakan bahasa Jepang yg formal, menerapkan title yang tepat ("-san", "-kun", dll) untuk siapa pun yg dia temui. Namun, Lee memanggil rekan satu timnya Neji Hyuga dan Tenten hanya dengan nama mereka, menyiratkan bahwa ia sangat dekat dengan mereka karena menggunakan cara informal untuk berbicara kepada mereka. Hubungannya dengan Guy juga menyebabkan dia memperoleh banyak sifat Guy; selain kepribadiannya berbagai hal lee mirip dgn guy. Lee juga membawa buku kecil dan pensil untuk mengingat berbagai informasi dari guy yg telah diberikannya dari waktu ke waktu.

Upaya Lee untuk membuktikan dirinya lebih baik merupakan dasar tindakannya di seluruh seri. Dia umumnya optimis, dan percaya bahwa, dengan kerja keras dan semangat, ia dapat melebihi seorang yg jenius, tetapi ia rentan terhadap depresi ketika mengalami kegagalan. Ia percaya bahwa ketika ia punya rival ia akan semakin kuat, oleh karena itulah ia memandang neji sebagai rivalnya. Neji, adalah seorang ninja "jenius", neji pada awalnya memandang lee hanya akan menjadi orang yg "gagal".

Dengan demikian, Lee memutuskan untuk membuktikan jika Neji salah, dan ia dihadapkan pada "jenius" yg lain yaitu Sasuke Uchiha, dalam upaya untuk menguji kemampuannya. Lee sangat ingin bertarung dgn keduanya di ujian chunin, tapi setelah neji kalah dgn naruto yg disebut orang gagal juga lee seakan lupa dgn tujuan ini. Neji pun akhirnya menghormati lee dan beranggapan bahwa lee akan menjadi orang yg hebat dgn kerja keras. Tak lama setelah mengantarkan Tim 7, Lee mengungkapkan bahwa ia menyukai Sakura Haruno, memintanya untuk menjadi pacarnya dan bersumpah untuk melindunginya. Namun sakura tidak menyukai lee dan malah menganggapnya aneh. Namun Sakura menjadi lebih menghargai ia setelah ia kalah dari gaara.

Meskipun demikian, Sakura tampaknya masih tidak menyukai Lee, karena ia memanggilnya dgn formal yaitu "Lee-san", padahal panggilan jika ia suka adalah "Lee-kun". Setelah itu hubungan lee dan sakura tidak pernah lagi dibahas di manga. Namun Hal ini kadang-kadang ditampilkan dalam anime, seperti saat Naruto melawan Lee di Arc dojo Lee; Naruto berubah menjadi Sakura, menyebabkan Lee melupakan pertarungan cukup lama dan Naruto bisa menyerang dia.

[Penampilan]

Lee memiliki alis yang sangat tebal (yang mengarah ke julukan "Alis Tebal" (
ゲジマユ, Gejimayu) oleh Naruto) dan besar, matanya hitam bulat dengan bulu mata yang lebih rendah dan menonjol. Saat di akademi, rambut Lee jauh lebih panjang dan diikat dalam jalinan yang, bersama dengan gaya berpakaian, memberinya penampilan yang lebih ke tradisional Cina. Ketika pertama kali bergabung dengan Tim guy penampilan Lee berubah drastis. Dia memiliki rambut lebih pendek dari sebelumnya yang melengkung ke atas di belakang. Dia masih mempertahankan penampilan Cina-nya, karena ia mengenakan jubah dan sabuk seni bela diri di pinggang. Setelah bergabung dengan tim Might Guy, penampilannya banyak berubah dgn meniru idola sekaligus gurunya.

Rambutnya sekarang dipotong dan ditata dgn bentuk mangkuk seperti Guy, dan dia juga mulai mengenakan pakaian yang sama, yang terdiri dari seragam hijau, pelindung kaki oranye, dan pelindung dahi merah yg dipakai sebagai ikat pinggang. Perbedaannya hanya di pakaian lee ada perban yg dipakai untuk melilit tangan dan pergelangan tangan, yang juga mencakup set jahitan di tangan kirinya, suatu sifat yang untuk pelatihan taijutsu nya. Namun Di masa muda Guy, ia mengungkapkan bahwa ia juga mengenakan perban.

Di Bagian II, penampilannya hanya berubah sedikit. Perubahan paling terlihat adalah ia telah tumbuh jauh lebih tinggi, dan memakai jaket khas Chunin, yg meniru guru-nya, namun ia tidak memakainya terbuka seperti guy, Lee menutupnya.

[Kemampuan]

Kepemimpinan Guy telah mempengaruhi pelatihan kebiasaan Lee yang membuatnya menjadi pekerja keras dan bertekad baja, hal yg membuat Lee meningkatkan pesat. Misalnya, ketika ia membuat janji, Lee memberikan dirinya kesulitan untuk menyelesaikan tugas dalam hal bahwa ia tidak hidup sesuai dengan harapannya. Ketika janji itu ia tak bisa tepati, biasanya pas-pasan, ia melatih untuk mencegahnya terjadi lagi.

Sejak Guy mulai melatih dia, Lee menggunakan beban yang sangat berat pada pergelangan kakinya agar ia melatihnya bergerak cepat, meningkatkan kekuatannya pada biaya menghambat kecepatan ke tingkat yang teman-temannya masih menganggap cukup cepat. Setelah melepas beban, kecepatan Lee meningkat sanggat tinggi, sehingga hampir mustahil untuk melihat gerakannya dengan mata telanjang. Ketika ia menghilangkan beban di pergelangan kaki saat bertarung dengan Gaara, itu memungkinkannya menjadi orang pertama yang pernah memotong pertahanan gaara dan menyerangnya. Kecepatan Lee bisa begitu besar dalam Bagian II, dia bisa menghadang Haku, yang dikenal karena kecepatannya baik dalam dan di kristal es-nya.

Lee telah berlatih begitu keras hingga ototnya akan terus bergerak walau ia sudah pingsan. Sebuah kilas balik saat Filler 'Kare Kehidupan' dalam Bagian I, terlihat bahwa Lee dapat berjalan dalam tidurnya, karena pelatihan dari Guy. Sebagai ninja ia benar2 terlatih. Indera lee juga lebih terlatih dibanding orang normal, Hal ini terlihat dalam filler 'Sanbi', ketika ia dibutakan oleh Asap ia Menghancurkan Kigiri dgn Bau.

*Taijutsu

Lee tidak memiliki bakat untuk ninjutsu atau genjutsu, dan tidak dapat menggunakannya. Karena itu impian Lee adalah menjadi seorang ninja terkenal hanya dgn menggunakan taijutsu. Guy telah melatih dia untuk mencapai tujuan ini, ia mengajarkan lee sejumlah teknik terlarang dalam pelatihan ini. Teknik yg paling dasar adalah Goken nya, gaya seni bela diri yang berfokus pada kerusakan eksternal. Dengan demikian, Lee telah menjadi master taijutsu, karena dia hanya dilatih dalam taijutsu saja dan oleh karenanya ia sempurna dalam taijutsu. Lee terbukti sangat cepat bahkan dengan beban di kakinya, namun kecepatan yang sebenarnya pertama kali terlihat pada pertandingan melawan Gaara. Kecepatan dan kecakapan melampaui ninja yg lebih berpengalaman. Saat melawan Kimimaro dalam Bagian I, Lee tak sengaja minum sake bukan obat, dan ia pun mulai bermain Suiken. Setelah Lee mabuk, Kimimaro mengatakan bahwa bentuk serangan Lee "terlalu tajam".

Dalam anime, tampaknya Lee mahir dengan senjata jarak dekat. Dia mencoba untuk menyerang Kisame dengan sepasang Tonfa, tapi ia berhenti sebelum ia bisa menunjukkan kemampuannya. Namun, dalam Naruto the Movie 3: Guardians of the Crescent Moon Kingdom, Lee terbukti sangat terampil dengan memegang nunchaku dan tongkat berrantai.

*Delapan Gerbang Kehidupan

Karena Pelatihan Guy, Lee telah belajar bagaimana membuka lima gerbang pertama dari delapan gerbang chakra, suatu prestasi yang sulit dicapai bahkan untuk ninja paling berbakat. Karena resiko bahaya ke tubuhnya ketika membuka gerbang chakra, Lee hanya diizinkan untuk membukanya dalam keadaan tertentu seperti situasi hidup mati, melindungi orang yg disayangi, atau membela cara ninjanya. Sebagian besar manusia hanya dapat mengakses kurang dari 20% dari potensi otot mereka tetapi teknik delapan gerbang dapat "memaksa" otot-otot untuk bekerja pada daya yang jauh lebih besar dari daya normal, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan kecepatan yang sangat tinggi, mengangkat beban besar, dan masih banyak lagi dengan mengorbankan otot sendiri. Dengan 50%, otot-otot mulai sedikit rusak. Dan jika Lebih dari itu, apabila mendekati 100%, otot-otot mulai rusak dan hancur. Setelah Gerbang Kedelapan dibuka, mereka takkan bisa dibendung, tetapi pengguna akan segera meninggal. Lee juga telah mempelajari dan mengembangkan sejumlah taijutsu yang mengambil keuntungan dari kekuatan dan kecepatan ekstrem-nya hasil teknik delapan gerbang. Dalam Bagian II, ia tampaknya dapat pulih setelah menggunakan gerbang chakra dgn cepat karena ia tidak terluka setelah menggunakannya, tetapi hanya sangat lelah.

*Pukulan Dewa Mabuk

Lee telah menyatakan kecenderungan alami-nya dalam menggunakan Suiken. Ketika ia minum sedikit atau bahkan satu tetes alkohol saja, ia akan menunjukan sebuah kekuatan tak terduga dan tak terbendung untuk membuat kehancuran dan kekacauan. Tindakannya saat mabuknya ini bahkan sangat membuat guy terkesan. Saat Dia mabuk ia akan menyerang setiap orang di dekatnya, entah itu teman atau lawan.

Guy menjelaskan bahwa setelah Lee minum sedikit sake, ia menghancurkan sebuah bar dan butuh upaya gabungan dari Guy dan Neji untuk menahannya agar ia tidak lebih merusak. Untuk membantu dia mengambil keuntungan dari Suiken, Guy telah memberikan Lee sebuah coklat beralkohol di Naruto: Shippuden Movie untuk digunakan dalam "keadaan darurat yang mengerikan". Lee malah berpikir coklat itu digunakan sebagai sarana membuka gerbang keenam.
[Bagian I]

*Arc Ujian Chunin

Pada arc ini ia pertama muncul ketika ia mengganggu tim 7 dgn niat melihat kekuatan sasuke uchiha yg juga disebut "jenius". Namun di tengah pertarungan ia dihentikan guy. Di tahap pertama ujian ia dibantu oleh tenten.
Di tahap dua ia membantu tim 7 yg dipojokan tim dari oto. Di tahap pertarungan ia harus menghadapi gaara, walau sudah menggunakan hachimon ia kalah oleh gaara pada pertarungan ini dan harus menderita cidera serius. Di rumah sakit ia benar-benar despresi karena para petugas medis meramalkan ia takkan bisa jadi Shinobi lagi. Di pertarungan final ia melihat pertarungan neji melawan naruto dan kagum pada naruto.

*Arc Invasi Konoha

Pada Arc ini ia terlihat di pemakaman hokage ketiga.

*Arc Pengejaran Sasuke

Pada arc inilah depresi lee memuncak, ketika guy sudah tak mampu memberikan obat padanya, tsunade tiba dan diminta mengobati dia. Namun setelah diperiksa, luka lee ternyata sangat parah dan kemungkinan setelah operasi untuk sembuh hanya 50% dan 50% mati. Lee tetap mencoba dan berhasil, ia pun segera menyusul teman-temannya. Ia tiba tepat waktu untuk menyelamatkan naruto dari Kimimaro. Ia pun bertarung dgn Kimimaro dgn sangat sengit hingga akhirnya ia pun terpojok. Namun gaara tiba tepat waktu untuk menyelamatkan dia. Gaara pun bertarung dgn Kimimaro hingga akhirnya Kimimaro tewas karena penyakitnya.

*Arc Kare Kehidupan

Lee muncul juga pada arc yg berupa filler sebelum shippuden ini, yaitu sebuah misi yg menghadapkannya pada raiga dari kiri.

*Arc Ninja Academy

Pada arc ini lee ditugaskan menjadi pembimbing dari kelompok ninja akademi yg terdiri dari Chen, Samo dan En.

*Arc Peniru Guy dan Lee

Di arc ini setelah ia dan guy keluar desa. Dua orang ninja desa lain meniru mereka untuk masuk desa.

*Arc Hoshigakure

Di arc ini ia bersama tim guy kecuali guy ditambah naruto diberi misi di desa hoshi.

*Arc Dojo Lee Dojo

Pada Arc ini ia membuat tipe latihan baru dgn melawan orang yg ingin melawannya.

*Arc Ketiga Binatang Besar

Di arc ini guy mengambil murid baru karena lee sakit dan ternyata murid itu penipu yg ingin balas dendam pada guy.

*Arc Perangkap Master

Pada arc ini ia bersama konoha 11 lain ikut menyelidiki dimana saja perangkap master.

*Arc Shinobazu

lee juga ada dalam arc yg masih filler pra shippuden ini.

*Arc Senjata Hebat

Pada arc ini ia ikut pada misi balas budi ke sunagakure.

[Bagian II]

*Arc Penyelamatan Kazekage

Pada arc ini ia bersama tim guy dikirim untuk membantu tim kakashi. Di perjalanan menuju markas akatsuki mereka dihadang oleh imitasi kisame hoshigaki.

Setelah berhasil mengalahkannya, mereka bertemu tim kakashi di depan markas akatsuki. Namun ia dan tim guy harus mencabut kertas mantera. Setelah mencabut kertas mantra mereka dihadapkan pada imitasi mereka. Lee lah yg mempunyai ide jitu untuk mengalahkan mereka. Setelah itu mereka bertemu tim kakashi lagi dan dihadapkan pada deidara yg pura-pura bunuh diri. Setelah gaara dihidupkan lagi oleh Chiyo, ia dan yg lain kembali ke konoha.

*Arc Sasuke dan Sai

Lee dan seluruh Tim Guy hanya terlihat pada awal arc ini di anime, saat mereka kembali dari Suna.

*Arc Dua belas Ninja Pelindung

Pada arc ini ia hanya ditampilkan sebentar, pertama setelah kedatangan sora dan kedua ia ikut melawan zombi kazuma.

*Arc Hidan dan Kakuzu

Dalam anime, dia terlihat di pemakaman Asuma.

*Arc Sanbi

Pada arc ini lee membantu tim yamato dan tim kurenai untuk menangkap sanbi, mereka pun dihadapkan pada guren.

*Arc Invasi Pain

Pada arc ini tim guy pulang dari misi dan menemukan gamabunta yg terluka. Mereka segera bergegas setelah mendengar konoha dalam invasi. Mereka menemukan hinata yg terluka dan segera mencari orang untuk menyembuhkannya. Setelah naruto pulang, ia ikut merayakan bersama dgn yg lain.

*Arc Sejarah Konoha

Lee juga muncul dalam arc filler ini.

*Arc Pertemuan Lima Kage

Pada arc ini ia, kiba dan sai ikut sakura yg berjanji itu untuk membunuh sasuke. Namun pada akhirnya lee malah dibius sakura agar ia bisa mencari sasuke sendiri. Setelah kembali ke konoha, ia bersama konoha 11 lain berkumpul membahas sasuke.

*Arc Petualangan di Laut

ia juga muncul dalam arc filler ini.

*Arc Perang Dunia Shinobi

Pada saat perang dunia Shinobi keempat ia dimasukkan ke divisi tiga yg dipimpin kakashi. Disana ia melawan edo tensei 7 pendekar pedang dan para pemilik kekkei genkai unik. Setelah semua tersegel ia bersama yg lain menyusul naruto setelah mendengar kabar dari inoichi bahwa naruto sedang melawan pria bertopeng.

[Movie]

*Naruto the Movie 3: Guardians of the Crescent Moon Kingdom

Lee cukup berperan banyak dalam movie ini. Ia ikut tim 7 dalam sebuah misi.

*Naruto: Shippuden Movie

Pada movie ini ia juga berperan penting, ia menjadi pengganti sasuke dan neji menjadi pengganti kakashi untuk melakukan misi dalam tim kakashi.

*Naruto Shippuden 3: Interriors will of fire

Walaupun perannya di movie ini tak sepenting movie sebelumnya, ia dan tim guy muncul cukup banyak di movie ini.

[Penciptaan dan konsepsi]

Menurut sebuah wawancara dengan Masashi Kishimoto di Shonen Jump mengenai Profil Anime Naruto Episode 1-37, Lee adalah karakter paling menyenangkan untuk digambar. Dia juga menyatakan bahwa Sakura Haruno dan Lee itu dimaksudkan untuk melambangkan kelemahan manusia, setidaknya pada awalnya.

[Trivia]

- Seperti gurunya, karakter Rock Lee tampaknya terinspirasi dari Bruce Lee, seperti yang ditunjukkan dari namanya dan memiliki ulang tahun yang sama.
- Rock Lee sendiri memiliki serial sendiri yang disebut Rock Youth Springtime oleh Kenji Taira.
- Rock Lee ditempatkan sangat tinggi dalam empat jajak pendapat popularitas Naruto Pertama. Dia ada di posisi 5 di jajak pendapat pertama dan kedua, 8 di jajak pendapat ketiga dan ke-7 dalam jajak pendapat keempat. Tetapi popularitasnya merosot dalam dua jajak pendapat terakhir, yaitu 13 dalam jajak pendapat kelima dan ke-18 dalam keenam. Dalam Databook 3, kombinasi dari enam jajak pendapat sebelumnya membuat peringkat dia di posisi 9 paling populer secara keseluruhan.
- Menurut databooks Naruto:
¤ Hobi Rock Lee adalah berlatih taijutsu secara intensif bersama Guy.
¤ Lee berharap untuk bertarung ulang dengan Neji, Sasuke, dan Gaara, dan untuk bertarung habis-habisan dengan Naruto.
¤ Makanan favorit Lee adalah nasi kari super pedas dan kari pilaf, meskipun, seperti gurunya-nya, dia menyukai semua makanan apapun.
¤ Lee telah menyelesaikan 61 misi resmi dgn total: 25 rank-D, 21 rank-C, 4 rank-B, 10 rank-A, 1 rank-S.
1 Juli pukul 11:28 melalui seluler
· Suka
Nanda Cee Wee
¤ Kata favorit Lee adalah "Usaha" (
努力, doryoku), "Keberanian" (根性, konjo), dan "Cinta" (, ai).

[Kutipan Favorit]

- (Untuk Sakura) "Sakura, ayo kencan denganku, aku akan melindungimu dengan hidupku!"
- (Untuk Sasuke) "Di antara orang kuat ada orang jenius dan pekerja keras. Kau adalah tipe jenius dari uchiha dan aku adalah tipe pekerja keras hanya dgn taijutsu."
- (Untuk Tim 7) "Lihatlah! Guru Guy adalah orang yg luar biasa kan?"
- (Untuk Sakura) "Teratai mekar di Konoha dua kali."
- (Untuk Guy) "Aku ingin menunjukkan bahwa aku bisa menjadi seorang ninja yang hebat bahkan jika aku tidak memiliki ninjutsu atau genjutsu... Aku ingin membuktikan kepada seluruh dunia!"
- (Untuk Kimimaro) "Aku Monster Hijau Liar dan Tampan Konoha - Rock Lee"
- (Untuk Tenten) "Seorang jenius, ya Apa? Artinya Genius? Jadi aku tidak lahir dengan seluruh bakat alami, tidak berbakat seperti Neji ... tapi aku bekerja keras dan aku tidak pernah menyerah! Itulah aku, itulah cara ninjaku!"


*Nama Lain

- Monster Hijau Liar dan Tampan Konoha (
木ノ葉の美しき碧い野獣, Konoha no Utsujushiki Aoi Yajo)
- Alis Tebal (
ゲジマユ, Gejimayu)

*Debut

- Manga: Chapter #36
Anime: Naruto Episode #21
- Movie: Naruto the Movie 3: Guardians of the Crescent Moon Kingdom
- Video Game: Naruto: Clash of Ninja
- OVA: Hidden Leaf Village Grand Sports Festival!
- Muncul dalam Anime, Manga, Game dan Movie

*Pengisi Suara

- English: Brian Donovan
- Japanese: Yoichi Masukawa

*Biodata

- Ulang Tahun: 27 November
- Kelamin: Pria
- Usia:
¤ Part I: 13-14
¤ Part II: 17
- Tinggi:
¤ Part I: 158.5 cm-162.1cm
¤ Part II: 172cm
- Berat:
¤ Part I: 46.6kg-47.5kg
¤ Part II: 54.7kg
- Gol. Darah: A
- Asal: Konohagakure
- Team:
¤ Team Guy
¤ Konoha 11 (Anime only)
¤ Team Dua (Anime only)
¤ Divisi Tiga
- Rank:
¤ Part I: Genin
¤ Part II: Chunin
- Ninja Registration: 012561
- Usia Lulus Akademi: 12
- Usia Masuk Chunin: 15

*Jutsu

- Daburu Dainamikku Entori (Double Dinamik entry bersama guy) (Anime only)
- Suiken (Pukulan Dewa Mabuk)
- Dainamikku Entori (Tendangan Khas Guy) (Anime only)
- Hachimon (Teknik Delapan Gerbang)
- Omote Renge (Teratai Depan; Teknik yg Bisa Digunakan Setelah membuka Gerbang Satu)
- Konoha Tsumuji Senpu (Angin Putar Konoha)
- Konoha Reppu (Badai Konoha)
- Konoha Daisenpu (Angin Topan Besar Konoha)
- Konoha Shofu (Angin Naik Konoha)
- Konoha Goriki Senpu (Angin Topan Besar Konoha)
- Konoha Senpu (Angin Topan Konoha)
- Ura Renge (Teratai Bekalang; Teknik mengerikan dari gerbang ketiga)
- Kage Buyo (Teknik Membayangi Lawan)
- Seishun Furu Pawa (Kekuatan Jiwa Muda Musim Semi) (Anime only)
- Goken (Pukulan Kuat)

*Peralatan

- Hyorogan (Pil Penambah Chakra) (Anime only)
- Nunchaku
-Tonfa (Anime only)

Rock Lee (
ロック・リ, Rokku RI) adalah salah satu karakter pendukung utama. Dia adalah shinobi tingkat Chunin Konohagakure dan anggota Tim Guy.

[Latar Belakang]

Saat masih di Akademi, Lee tidak memiliki bakat untuk ninjutsu dan genjutsu. Karena itu ia diejek oleh teman2nya, Lee tetap bertahan, dan fokus pada taijutsu.

Lee akhirnya lulus dan dia masuk Tim Guy bersama dengan Neji Hyuga dan Tenten. Dalam pertemuan pertama, Lee berjanji untuk menjadi seorang ninja yang kuat tanpa menggunakan ninjutsu ataupun genjutsu. Neji menertawakannya, tapi guru mereka, Guy, menaruh perhatian khusus pada Lee. Dia mendorong Lee untuk terus melakukannya dan, pada waktunya, ia mulai mengajari dia bentuk kuat dari taijutsu.

[Kepribadian]

Lee sangat energik, berpikiran pendek, dan hiper aktif. Dia menjadikan dirinya "nice guy", setelah ia banyak mengadopsi kepribadian Guy. Salah satu sifat tersebut jelas karena kurangnya akal sehatnya, ia percaya bahwa dia bisa mendapatkan apa yang dia inginkan dengan tidak menginginkan itu. Di lain waktu, ia mengambil catatan berlebihan, tapi lupa bahwa ia tidak dapat memeriksa mereka selama pertempuran. Dia memiliki sangat menghormati lawan-lawannya, dan tidak pernah menyimpan dendam terhadap mereka walaupun musuhnya telah menghancurkan tangan dan kakinya yg menyebabkan luka yang membuatnya hampir berhenti sebagai shinobi. Lee merasa orang lain harus menunjukkan rasa hormat yang sama terhadap lawan-lawan mereka, dan marah setiap kali seseorang menyepelekan musuh-musuhnya.

Lee selalu berbicara dgn sopan kepada orang lain dan ia tidak pernah menggunakan kata yg kotor. Dia juga menggunakan bahasa Jepang yg formal, menerapkan title yang tepat ("-san", "-kun", dll) untuk siapa pun yg dia temui. Namun, Lee memanggil rekan satu timnya Neji Hyuga dan Tenten hanya dengan nama mereka, menyiratkan bahwa ia sangat dekat dengan mereka karena menggunakan cara informal untuk berbicara kepada mereka. Hubungannya dengan Guy juga menyebabkan dia memperoleh banyak sifat Guy; selain kepribadiannya berbagai hal lee mirip dgn guy. Lee juga membawa buku kecil dan pensil untuk mengingat berbagai informasi dari guy yg telah diberikannya dari waktu ke waktu.

Upaya Lee untuk membuktikan dirinya lebih baik merupakan dasar tindakannya di seluruh seri. Dia umumnya optimis, dan percaya bahwa, dengan kerja keras dan semangat, ia dapat melebihi seorang yg jenius, tetapi ia rentan terhadap depresi ketika mengalami kegagalan. Ia percaya bahwa ketika ia punya rival ia akan semakin kuat, oleh karena itulah ia memandang neji sebagai rivalnya. Neji, adalah seorang ninja "jenius", neji pada awalnya memandang lee hanya akan menjadi orang yg "gagal".

Dengan demikian, Lee memutuskan untuk membuktikan jika Neji salah, dan ia dihadapkan pada "jenius" yg lain yaitu Sasuke Uchiha, dalam upaya untuk menguji kemampuannya. Lee sangat ingin bertarung dgn keduanya di ujian chunin, tapi setelah neji kalah dgn naruto yg disebut orang gagal juga lee seakan lupa dgn tujuan ini. Neji pun akhirnya menghormati lee dan beranggapan bahwa lee akan menjadi orang yg hebat dgn kerja keras. Tak lama setelah mengantarkan Tim 7, Lee mengungkapkan bahwa ia menyukai Sakura Haruno, memintanya untuk menjadi pacarnya dan bersumpah untuk melindunginya. Namun sakura tidak menyukai lee dan malah menganggapnya aneh. Namun Sakura menjadi lebih menghargai ia setelah ia kalah dari gaara.

Meskipun demikian, Sakura tampaknya masih tidak menyukai Lee, karena ia memanggilnya dgn formal yaitu "Lee-san", padahal panggilan jika ia suka adalah "Lee-kun". Setelah itu hubungan lee dan sakura tidak pernah lagi dibahas di manga. Namun Hal ini kadang-kadang ditampilkan dalam anime, seperti saat Naruto melawan Lee di Arc dojo Lee; Naruto berubah menjadi Sakura, menyebabkan Lee melupakan pertarungan cukup lama dan Naruto bisa menyerang dia.

[Penampilan]

Lee memiliki alis yang sangat tebal (yang mengarah ke julukan "Alis Tebal" (
ゲジマユ, Gejimayu) oleh Naruto) dan besar, matanya hitam bulat dengan bulu mata yang lebih rendah dan menonjol. Saat di akademi, rambut Lee jauh lebih panjang dan diikat dalam jalinan yang, bersama dengan gaya berpakaian, memberinya penampilan yang lebih ke tradisional Cina. Ketika pertama kali bergabung dengan Tim guy penampilan Lee berubah drastis. Dia memiliki rambut lebih pendek dari sebelumnya yang melengkung ke atas di belakang. Dia masih mempertahankan penampilan Cina-nya, karena ia mengenakan jubah dan sabuk seni bela diri di pinggang. Setelah bergabung dengan tim Might Guy, penampilannya banyak berubah dgn meniru idola sekaligus gurunya.

Rambutnya sekarang dipotong dan ditata dgn bentuk mangkuk seperti Guy, dan dia juga mulai mengenakan pakaian yang sama, yang terdiri dari seragam hijau, pelindung kaki oranye, dan pelindung dahi merah yg dipakai sebagai ikat pinggang. Perbedaannya hanya di pakaian lee ada perban yg dipakai untuk melilit tangan dan pergelangan tangan, yang juga mencakup set jahitan di tangan kirinya, suatu sifat yang untuk pelatihan taijutsu nya. Namun Di masa muda Guy, ia mengungkapkan bahwa ia juga mengenakan perban.

Di Bagian II, penampilannya hanya berubah sedikit. Perubahan paling terlihat adalah ia telah tumbuh jauh lebih tinggi, dan memakai jaket khas Chunin, yg meniru guru-nya, namun ia tidak memakainya terbuka seperti guy, Lee menutupnya.

[Kemampuan]

Kepemimpinan Guy telah mempengaruhi pelatihan kebiasaan Lee yang membuatnya menjadi pekerja keras dan bertekad baja, hal yg membuat Lee meningkatkan pesat. Misalnya, ketika ia membuat janji, Lee memberikan dirinya kesulitan untuk menyelesaikan tugas dalam hal bahwa ia tidak hidup sesuai dengan harapannya. Ketika janji itu ia tak bisa tepati, biasanya pas-pasan, ia melatih untuk mencegahnya terjadi lagi.

Sejak Guy mulai melatih dia, Lee menggunakan beban yang sangat berat pada pergelangan kakinya agar ia melatihnya bergerak cepat, meningkatkan kekuatannya pada biaya menghambat kecepatan ke tingkat yang teman-temannya masih menganggap cukup cepat. Setelah melepas beban, kecepatan Lee meningkat sanggat tinggi, sehingga hampir mustahil untuk melihat gerakannya dengan mata telanjang. Ketika ia menghilangkan beban di pergelangan kaki saat bertarung dengan Gaara, itu memungkinkannya menjadi orang pertama yang pernah memotong pertahanan gaara dan menyerangnya. Kecepatan Lee bisa begitu besar dalam Bagian II, dia bisa menghadang Haku, yang dikenal karena kecepatannya baik dalam dan di kristal es-nya.

Lee telah berlatih begitu keras hingga ototnya akan terus bergerak walau ia sudah pingsan. Sebuah kilas balik saat Filler 'Kare Kehidupan' dalam Bagian I, terlihat bahwa Lee dapat berjalan dalam tidurnya, karena pelatihan dari Guy. Sebagai ninja ia benar2 terlatih. Indera lee juga lebih terlatih dibanding orang normal, Hal ini terlihat dalam filler 'Sanbi', ketika ia dibutakan oleh Asap ia Menghancurkan Kigiri dgn Bau.

*Taijutsu

Lee tidak memiliki bakat untuk ninjutsu atau genjutsu, dan tidak dapat menggunakannya. Karena itu impian Lee adalah menjadi seorang ninja terkenal hanya dgn menggunakan taijutsu. Guy telah melatih dia untuk mencapai tujuan ini, ia mengajarkan lee sejumlah teknik terlarang dalam pelatihan ini. Teknik yg paling dasar adalah Goken nya, gaya seni bela diri yang berfokus pada kerusakan eksternal. Dengan demikian, Lee telah menjadi master taijutsu, karena dia hanya dilatih dalam taijutsu saja dan oleh karenanya ia sempurna dalam taijutsu. Lee terbukti sangat cepat bahkan dengan beban di kakinya, namun kecepatan yang sebenarnya pertama kali terlihat pada pertandingan melawan Gaara. Kecepatan dan kecakapan melampaui ninja yg lebih berpengalaman. Saat melawan Kimimaro dalam Bagian I, Lee tak sengaja minum sake bukan obat, dan ia pun mulai bermain Suiken. Setelah Lee mabuk, Kimimaro mengatakan bahwa bentuk serangan Lee "terlalu tajam".

Dalam anime, tampaknya Lee mahir dengan senjata jarak dekat. Dia mencoba untuk menyerang Kisame dengan sepasang Tonfa, tapi ia berhenti sebelum ia bisa menunjukkan kemampuannya. Namun, dalam Naruto the Movie 3: Guardians of the Crescent Moon Kingdom, Lee terbukti sangat terampil dengan memegang nunchaku dan tongkat berrantai.

*Delapan Gerbang Kehidupan

Karena Pelatihan Guy, Lee telah belajar bagaimana membuka lima gerbang pertama dari delapan gerbang chakra, suatu prestasi yang sulit dicapai bahkan untuk ninja paling berbakat. Karena resiko bahaya ke tubuhnya ketika membuka gerbang chakra, Lee hanya diizinkan untuk membukanya dalam keadaan tertentu seperti situasi hidup mati, melindungi orang yg disayangi, atau membela cara ninjanya. Sebagian besar manusia hanya dapat mengakses kurang dari 20% dari potensi otot mereka tetapi teknik delapan gerbang dapat "memaksa" otot-otot untuk bekerja pada daya yang jauh lebih besar dari daya normal, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan kecepatan yang sangat tinggi, mengangkat beban besar, dan masih banyak lagi dengan mengorbankan otot sendiri. Dengan 50%, otot-otot mulai sedikit rusak. Dan jika Lebih dari itu, apabila mendekati 100%, otot-otot mulai rusak dan hancur. Setelah Gerbang Kedelapan dibuka, mereka takkan bisa dibendung, tetapi pengguna akan segera meninggal. Lee juga telah mempelajari dan mengembangkan sejumlah taijutsu yang mengambil keuntungan dari kekuatan dan kecepatan ekstrem-nya hasil teknik delapan gerbang. Dalam Bagian II, ia tampaknya dapat pulih setelah menggunakan gerbang chakra dgn cepat karena ia tidak terluka setelah menggunakannya, tetapi hanya sangat lelah.

*Pukulan Dewa Mabuk

Lee telah menyatakan kecenderungan alami-nya dalam menggunakan Suiken. Ketika ia minum sedikit atau bahkan satu tetes alkohol saja, ia akan menunjukan sebuah kekuatan tak terduga dan tak terbendung untuk membuat kehancuran dan kekacauan. Tindakannya saat mabuknya ini bahkan sangat membuat guy terkesan. Saat Dia mabuk ia akan menyerang setiap orang di dekatnya, entah itu teman atau lawan.

Guy menjelaskan bahwa setelah Lee minum sedikit sake, ia menghancurkan sebuah bar dan butuh upaya gabungan dari Guy dan Neji untuk menahannya agar ia tidak lebih merusak. Untuk membantu dia mengambil keuntungan dari Suiken, Guy telah memberikan Lee sebuah coklat beralkohol di Naruto: Shippuden Movie untuk digunakan dalam "keadaan darurat yang mengerikan". Lee malah berpikir coklat itu digunakan sebagai sarana membuka gerbang keenam.
[Bagian I]

*Arc Ujian Chunin

Pada arc ini ia pertama muncul ketika ia mengganggu tim 7 dgn niat melihat kekuatan sasuke uchiha yg juga disebut "jenius". Namun di tengah pertarungan ia dihentikan guy. Di tahap pertama ujian ia dibantu oleh tenten.
Di tahap dua ia membantu tim 7 yg dipojokan tim dari oto. Di tahap pertarungan ia harus menghadapi gaara, walau sudah menggunakan hachimon ia kalah oleh gaara pada pertarungan ini dan harus menderita cidera serius. Di rumah sakit ia benar-benar despresi karena para petugas medis meramalkan ia takkan bisa jadi Shinobi lagi. Di pertarungan final ia melihat pertarungan neji melawan naruto dan kagum pada naruto.

*Arc Invasi Konoha

Pada Arc ini ia terlihat di pemakaman hokage ketiga.

*Arc Pengejaran Sasuke

Pada arc inilah depresi lee memuncak, ketika guy sudah tak mampu memberikan obat padanya, tsunade tiba dan diminta mengobati dia. Namun setelah diperiksa, luka lee ternyata sangat parah dan kemungkinan setelah operasi untuk sembuh hanya 50% dan 50% mati. Lee tetap mencoba dan berhasil, ia pun segera menyusul teman-temannya. Ia tiba tepat waktu untuk menyelamatkan naruto dari Kimimaro. Ia pun bertarung dgn Kimimaro dgn sangat sengit hingga akhirnya ia pun terpojok. Namun gaara tiba tepat waktu untuk menyelamatkan dia. Gaara pun bertarung dgn Kimimaro hingga akhirnya Kimimaro tewas karena penyakitnya.

*Arc Kare Kehidupan

Lee muncul juga pada arc yg berupa filler sebelum shippuden ini, yaitu sebuah misi yg menghadapkannya pada raiga dari kiri.

*Arc Ninja Academy

Pada arc ini lee ditugaskan menjadi pembimbing dari kelompok ninja akademi yg terdiri dari Chen, Samo dan En.

*Arc Peniru Guy dan Lee

Di arc ini setelah ia dan guy keluar desa. Dua orang ninja desa lain meniru mereka untuk masuk desa.

*Arc Hoshigakure

Di arc ini ia bersama tim guy kecuali guy ditambah naruto diberi misi di desa hoshi.

*Arc Dojo Lee Dojo

Pada Arc ini ia membuat tipe latihan baru dgn melawan orang yg ingin melawannya.

*Arc Ketiga Binatang Besar

Di arc ini guy mengambil murid baru karena lee sakit dan ternyata murid itu penipu yg ingin balas dendam pada guy.

*Arc Perangkap Master

Pada arc ini ia bersama konoha 11 lain ikut menyelidiki dimana saja perangkap master.

*Arc Shinobazu

lee juga ada dalam arc yg masih filler pra shippuden ini.

*Arc Senjata Hebat

Pada arc ini ia ikut pada misi balas budi ke sunagakure.

[Bagian II]

*Arc Penyelamatan Kazekage

Pada arc ini ia bersama tim guy dikirim untuk membantu tim kakashi. Di perjalanan menuju markas akatsuki mereka dihadang oleh imitasi kisame hoshigaki.

Setelah berhasil mengalahkannya, mereka bertemu tim kakashi di depan markas akatsuki. Namun ia dan tim guy harus mencabut kertas mantera. Setelah mencabut kertas mantra mereka dihadapkan pada imitasi mereka. Lee lah yg mempunyai ide jitu untuk mengalahkan mereka. Setelah itu mereka bertemu tim kakashi lagi dan dihadapkan pada deidara yg pura-pura bunuh diri. Setelah gaara dihidupkan lagi oleh Chiyo, ia dan yg lain kembali ke konoha.

*Arc Sasuke dan Sai

Lee dan seluruh Tim Guy hanya terlihat pada awal arc ini di anime, saat mereka kembali dari Suna.

*Arc Dua belas Ninja Pelindung

Pada arc ini ia hanya ditampilkan sebentar, pertama setelah kedatangan sora dan kedua ia ikut melawan zombi kazuma.

*Arc Hidan dan Kakuzu

Dalam anime, dia terlihat di pemakaman Asuma.

*Arc Sanbi

Pada arc ini lee membantu tim yamato dan tim kurenai untuk menangkap sanbi, mereka pun dihadapkan pada guren.

*Arc Invasi Pain

Pada arc ini tim guy pulang dari misi dan menemukan gamabunta yg terluka. Mereka segera bergegas setelah mendengar konoha dalam invasi. Mereka menemukan hinata yg terluka dan segera mencari orang untuk menyembuhkannya. Setelah naruto pulang, ia ikut merayakan bersama dgn yg lain.

*Arc Sejarah Konoha

Lee juga muncul dalam arc filler ini.

*Arc Pertemuan Lima Kage

Pada arc ini ia, kiba dan sai ikut sakura yg berjanji itu untuk membunuh sasuke. Namun pada akhirnya lee malah dibius sakura agar ia bisa mencari sasuke sendiri. Setelah kembali ke konoha, ia bersama konoha 11 lain berkumpul membahas sasuke.

*Arc Petualangan di Laut

ia juga muncul dalam arc filler ini.

*Arc Perang Dunia Shinobi

Pada saat perang dunia Shinobi keempat ia dimasukkan ke divisi tiga yg dipimpin kakashi. Disana ia melawan edo tensei 7 pendekar pedang dan para pemilik kekkei genkai unik. Setelah semua tersegel ia bersama yg lain menyusul naruto setelah mendengar kabar dari inoichi bahwa naruto sedang melawan pria bertopeng.

[Movie]

*Naruto the Movie 3: Guardians of the Crescent Moon Kingdom

Lee cukup berperan banyak dalam movie ini. Ia ikut tim 7 dalam sebuah misi.

*Naruto: Shippuden Movie

Pada movie ini ia juga berperan penting, ia menjadi pengganti sasuke dan neji menjadi pengganti kakashi untuk melakukan misi dalam tim kakashi.

*Naruto Shippuden 3: Interriors will of fire

Walaupun perannya di movie ini tak sepenting movie sebelumnya, ia dan tim guy muncul cukup banyak di movie ini.

[Penciptaan dan konsepsi]

Menurut sebuah wawancara dengan Masashi Kishimoto di Shonen Jump mengenai Profil Anime Naruto Episode 1-37, Lee adalah karakter paling menyenangkan untuk digambar. Dia juga menyatakan bahwa Sakura Haruno dan Lee itu dimaksudkan untuk melambangkan kelemahan manusia, setidaknya pada awalnya.

[Trivia]

- Seperti gurunya, karakter Rock Lee tampaknya terinspirasi dari Bruce Lee, seperti yang ditunjukkan dari namanya dan memiliki ulang tahun yang sama.
- Rock Lee sendiri memiliki serial sendiri yang disebut Rock Youth Springtime oleh Kenji Taira.
- Rock Lee ditempatkan sangat tinggi dalam empat jajak pendapat popularitas Naruto Pertama. Dia ada di posisi 5 di jajak pendapat pertama dan kedua, 8 di jajak pendapat ketiga dan ke-7 dalam jajak pendapat keempat. Tetapi popularitasnya merosot dalam dua jajak pendapat terakhir, yaitu 13 dalam jajak pendapat kelima dan ke-18 dalam keenam. Dalam Databook 3, kombinasi dari enam jajak pendapat sebelumnya membuat peringkat dia di posisi 9 paling populer secara keseluruhan.
- Menurut databooks Naruto:
¤ Hobi Rock Lee adalah berlatih taijutsu secara intensif bersama Guy.
¤ Lee berharap untuk bertarung ulang dengan Neji, Sasuke, dan Gaara, dan untuk bertarung habis-habisan dengan Naruto.
¤ Makanan favorit Lee adalah nasi kari super pedas dan kari pilaf, meskipun, seperti gurunya-nya, dia menyukai semua makanan apapun.
¤ Lee telah menyelesaikan 61 misi resmi dgn total: 25 rank-D, 21 rank-C, 4 rank-B, 10 rank-A, 1 rank-S.
1 Juli pukul 11:28 melalui seluler
· Suka
Nanda Cee Wee
¤ Kata favorit Lee adalah "Usaha" (
努力, doryoku), "Keberanian" (根性, konjo), dan "Cinta" (, ai).

[Kutipan Favorit]

- (Untuk Sakura) "Sakura, ayo kencan denganku, aku akan melindungimu dengan hidupku!"
- (Untuk Sasuke) "Di antara orang kuat ada orang jenius dan pekerja keras. Kau adalah tipe jenius dari uchiha dan aku adalah tipe pekerja keras hanya dgn taijutsu."
- (Untuk Tim 7) "Lihatlah! Guru Guy adalah orang yg luar biasa kan?"
- (Untuk Sakura) "Teratai mekar di Konoha dua kali."
- (Untuk Guy) "Aku ingin menunjukkan bahwa aku bisa menjadi seorang ninja yang hebat bahkan jika aku tidak memiliki ninjutsu atau genjutsu... Aku ingin membuktikan kepada seluruh dunia!"
- (Untuk Kimimaro) "Aku Monster Hijau Liar dan Tampan Konoha - Rock Lee"
- (Untuk Tenten) "Seorang jenius, ya Apa? Artinya Genius? Jadi aku tidak lahir dengan seluruh bakat alami, tidak berbakat seperti Neji ... tapi aku bekerja keras dan aku tidak pernah menyerah! Itulah aku, itulah cara ninjaku!"



Sumber : http://anaktkjsragen.blogspot.com/2013/07/profil-dan-biodata-rock-lee.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar